Layanan Aqiqah Hemat Berkualitas Telp. 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Tips Persiapan Kelahiran Yang Pertama

Anda sedang mengandung anak yang pertama? bacalah tips persiapan kelahiran yang pertama agar anda lebih siap dan lancar menjalaninya.


Tips Persiapan Kelahiran Yang Pertama


Banyak dari seorang calon ibu masih bingung apa yang harus dipersiapkan untuk menyambut kelahiran pertamanya. Pasti momen tersebut menjadi momen yang paling dinantikan dan dikhawatirkan. Dinantikan karena akan kedatangan anak tercinta, dan dikhawatirkan karena proses yang menegangkan. Oleh karena itu, bagi Anda ibu hamil perlu mempersiapkan segalanya dari sekarang agar proses persalinan berjalan dengan lancar. Apa sajakah yang diperlukan? Berikut ulasannya dari catering aqiqah kami .

1. Pilih Dokter dan Rumah Sakit
Memilih dokter dan rumah sakit yang Anda percaya untuk menangani kelahiran Anda sebaiknya dilakukan jauh-jauh sebelum hari perkiraan lahir. Karena, apabila Anda telah mempersiapkannya jauh-jauh hari, Anda tidak akan bingung bila sewaktu-waktu pertanda akan lahirnya sang buah hati muncul. Untuk rumah sakit, lebih baik lagi jika Anda telah menentukannya sejak awal kehamilan. Dokter kandungan yang telah Anda pilih biasanya akan merekomendasikan rumah sakit kepada Anda. Namun, Anda perlu memperhatikan juga biaya persalinan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Pertimbangkan juga apabila Anda ingin menggunakan BPJS sebagai pengurang biaya rumah sakit. Cari dan pastikan rumah sakit yang akan Anda gunakan untuk menjalani proses persalinan Anda menerima klaim BPJS Anda.

2. Persiapan Merawat Bayi
Sebagai calon orang tua yang baru saja akan merasakan kehadiran sosok anak, Anda wajib hukumnya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai perawatan bayi yang baru lahir. Setidaknya Anda harus mengerti hal-hal yang sangat mendasar dari perawatan bayi. Mulai dari cara menggendong, memandikan, merawat tali pusar, dan hal-hal lainnya. Pastikan juga tidak hanya istri saja atau suami saja yang memahami semua cara perawatan bayi tersebut. Keduanya, baik suami maupun istri harus memahami cara-cara perawatan bayi tersebut agar tidak saling ketergantungan ketika salah satunya tidak bisa menjaga sang bayi.

3. Persiapan ASI eksklusif
Tentu Anda sudah tahu betapa pentingnya ASI eksklusif bagi anak Anda bukan? Nah, untuk memenuhi kebutuhan ASI eksklusif tersebut, tentunya seorang ibu harus mempersiapkan segalanya jauh jauh hari dong? Oleh karena itu, carilah informasi tentang pemenuhan ASI eksklusif kepada bayi Anda sejak masa kehamilan Anda. Mulai dari cara memompa ASI, cara menyimpan ASI, hingga permasalahan-permasalahan yang sering muncul dan cara mengatasinya. Jangan lupa juga untuk mengkonsultasikannya dengan tenaga medis kepercayaan Anda dalam menjaga kesehatan bayi anda.

4. Suami Siaga
Ini adalah salah satu bagian terpenting dari persiapan kelahiran pertama yang tak boleh ditinggalkan. Tidak cukup jika hanya istri saja yang siaga, namun suami juga wajib untuk siap siaga jika istri tercintanya mendadak mengalami kontraksi tanda akan melahirkan. Selain itu, orang-orang terdekat juga sebaiknya bersiaga untuk berjaga-jaga jika sang ibu hamil mengalami kontraksi sewaktu-waktu. Tugas terpenting suami selain bersiaga mengantarkan istrinya ke rumah sakit adalah mendampingi serta memberikan dukungan moril agar istrinya selalu dalam keadaan tenang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About