Layanan Aqiqah Hemat Berkualitas Telp. 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Merangsang Pertumbuhan Balita Dengan Peran Aktif Orang Tua

Bagaimana cara merangsang pertumbuhan balita? salah satunya adalah dengan adanya peran aktif dari orang tua seperti ini.

Merangsang Pertumbuhan Balita Dengan Peran Aktif Orang Tua


Orangtua sudah sewajarnya menjadi orang yang paling dekat dengan balita. Untuk alasan bekerja dan berbisnis, tentu balita susah untuk memahaminya. Yang dia mau hanyalah kasih sayang yang sempurna dari kedua orangtua. Memang, dewasa ini banyak sekali jasa penitipan anak atau jasa Asisten Rumah Tangga yang bersedia dititipi anak. Pertanyaannya, apakah mereka mampu merangsang pertumbuhan balita dengan baik?

Merangsang pertumbuhan balita harus disikapi dengan serius dengan peran aktif orangtua. Dalam berbagai kasus, balita mengalami keterlambatan pertumbuhan disebabkan oleh salah pola asuh. Berikut contoh contoh dampak dari salah pola asuh tersebut yang berhasil ditulis oleh team catering kami :

•    Terlambat dalam berjalan. Balita hingga pada usia 3 atau 4 tahun nyatanya ada saja yang belum bisa berjalan sendiri. Normalnya, pada usia 2 tahun teman-teman seusianya sudah berlarian di taman. Ini terjadi karena tidak adanya rangsangan tumbuh pada balita. Kebiasaany seperti terlalu sering menggendongnya akan membuat si buah hati malas berlatih berjalan.

•    Tidak lancar dalam praktek berbicara. Balita yang normal; dalam ini tidak menderita gangguan pita suara, sudah harus bisa berbicara. Tetapi, sering terjadi pada usia 3 tahun masih terbata bahkan hanya diam. Ini terjadi karena sejak kecil, sejak usia satu tahun si buah hati tidak biasa diajak berbicara. Sehingga tidak ada rangsangan untuk berbicara.

•    Lambat dalam belajar menghapal dan berhitung. Sama seperti kasus diatas, rangsangan yang tidak berjalan bisa juga terjadi pada kesusahan balita dalam hal mengahapal dan berhitung. Anak yang tidak diajak belajar dengan suasana yang menyenangkan, akan sulit terangsang pertumbuhan otaknya. Baca juga artikel lainnya tanda-tanda ibu hamil yang sehat.

Bagi pasangan orangtua yang baru memiliki anak, perlu sekali pelatihan bagaimana cara merangsang pertumbuhan balita. Banyak sekali dibuka kelas parenting untuk orangtua yang mau belajar bagaiaman mengasuh anak dengan baik. Pertumbuhan balita akan berpnegaruh besar pada kepribadian anak di masa dewasa. Maka dari itu, sangatlah penting peran aktif orang tua dalam fase balita. Dampingi masa tumbuh kembangnya, temani dia saat belajar, dan bantulah untuk merangsangnya agar tumbuh berkembang dengan baik.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About