Layanan Aqiqah Hemat Berkualitas Telp. 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Perkembangan Dan Perawatan Kehamilan Berumur 13 Minggu

Selamat untuk minggu ke 13 - minggu terakhir trimester pertama, tubuh dan bayi berusia 13 minggu Anda akan siap untuk menambah berat badan yang cepat. Anda dan bayi Anda mengalami banyak perubahan dramatis pada awal kehamilan.

Perkembangan Kehamilan Berumur 13 Minggu

perkembangan kehamilan berumur 13 minggu


Perubahan tubuh ibu hamil usia 13 minggu

CateringAqiqahJogja.com - Morning sickness secara bertahap berkurang, beberapa gejala akan hilang. Namun, mulas masih akan sering terjadi. Suasana hati Anda secara bertahap akan stabil dan Anda akan merasakan lebih banyak energi daripada sebelumnya.

Perut Anda akan menjadi lebih terasa saat rahim mulai menonjol keluar dari daerah panggul. Anda mungkin merasa sakit atau merasa perutnya sangat berat. Payudara Anda lebih besar dan memiliki nodul, yang disebabkan oleh kelenjar susu, saluran susu tumbuh untuk mempersiapkan ASI.
Anda bisa melihat pembuluh darah muncul di bawah kulit di dada Anda. Kolostrum secara bertahap akan muncul dalam minggu-minggu berikutnya. Ada stretch mark di perut, dada, pinggul dan pantat. Sekitar 90% wanita hamil mengalami fenomena ini.

Perkembangan janin pada usia 13 minggu

Janin berusia 13 minggu ini berukuran sekitar 9,5 cm, beratnya sekitar 35 gram, dengan wajah jauh lebih bagus dari sebelumnya.

Kepala bayi sekarang hanya sekitar 1/3 dari tubuhnya. Mulai sekarang, tubuh akan tumbuh dalam ukuran lebih cepat dari pada kepala.

Sidik jari telah muncul di jari-jari bayi. Lengan dan kaki bayi Anda terus tumbuh. Vena terlihat jelas pada kulit. Sumsum tulang mulai menghasilkan sel darah.

Bayi Anda penuh dengan fungsi ginjal dan sering buang air kecil. Bisa juga mengisap dan menelan cairan amnion di leher dan keluar melalui kandung kemih. Rambut lembut tumbuh dengan cepat di seluruh kulit. Terutama rambut di kepala. Bayi terus bergerak sangat aktif di perut Anda yang mungkin belum Anda rasakan pada tahap ini.


Saran perawatan kehamilan usia 13 minggu

Berhubungan seks pada tahap ini aman tapi Anda harus menghindarinya jika:

  • Anda memiliki riwayat persalinan prematur atau keguguran.
  • Anda mengalami pendarahan vagina atau cairan yang tidak diketahui penyebabnya. Ini mungkin pertanda peradangan ginekologis.
  • Anda memiliki plasenta plasenta atau plasenta pada posisi yang sangat rendah.Anda memiliki serviks lemah atau melebar.
  • Ayah memiliki penyakit menular seksual.
  • Berolahraga ringan akan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.
  • Diet penuh dan seimbang, bertambah berat badan secara merata.


Untuk mengurangi stretch mark Anda bisa menghindari kenaikan berat badan terlalu cepat, menggunakan krim kulit yang mengandung vitamin E dan asam alfa hidroksi.


Meski memasuki tahap ini, risiko keguguran sangat rendah, namun Anda harus selalu berhati-hati dengan semua faktor yang dapat mempengaruhi bayi berusia 13 minggu dan diri Anda sendiri. Bersiaplah untuk fase kehamilan yang mengasyikkan dan nyaman berikutnya - ini adalah trimester kedua.

Inilah informasi yang ditulis oleh kontributor kami BALQIS AQIQAH selaku pemilik situs http://www.balqisaqiqah.com/catering-paket-aqiqah-murah-di-depok-kambing-terbaik-gratis-ongkir/ dan sekaligus pemerhati kesehatan ibu hami dan perkembangan janin, semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About